Cara Hasilkan Uang Dari Blog Secara Tak Langsung

Mungkin kalian bingung baca judul artikel di atas. Tapi itulah pengalaman om Toni selama 3 tahun ngeblog dari 2014 sampai 2017 ini. Saya mendapat uang dari blog secara tak langsung. Jumlahnya lumayan. Cukup untuk beli rumah plus menghidupi anak istri. Bagaimana caranya?


Sabar. Biarkan om ngopi dulu sambil udud biar tak salah paham.

Langsung saja ya. Begini. Sejak tahun 2003 saya mulai berwiraswasta. Buka persewaan komik, rental VCD, jualan mainan sudah saya coba. Semuaya gagal karena salah menerapkan strategi bisnis.

Belajar dari kesalahan masa lalu, tahun 2009 saya buka bengkel las dan bertekad untuk menekuninya dengan gigih. Seperti jenis usaha apapun, tahun pertama adalah masa yang menyakitkan. Alhamdulilah,  karena niat dan usaha keras, lambat laun bengkel saya mulai ramai.

Namun kegigihan itu harus dibayar mahal. Tubuh sudah tak kuat diajak kerja keras seperti itu. Sayapun terserang tifus. Kata dokter harus mengurangi aktifitas fisik agar penyakitnya tak kambuh lagi. Saat harus istirahat karena sakit itulah terasa sekali bengkel jadi kacau. Pesanan berkurang karena saya tak bisa keluyuran cari order.

Lalu saya berkenalan dengan dunia internet. Dari situlah timbul ide. Kenapa tak memanfaatkan intenet untuk cari order?

Mulailah saya rajin mempromosikan bengkel las saya ke situs iklan gratis semacam berniaga, indonetwork dan website marketplace sejenis. Tapi hasilnya kurang memuaskan. Sedikit sekali orderan datang dari sana. Mungkin Google ogah menampilkan iklan saya di halaman pertama pencarian karena saya membabi buta dalam promosi. Belakangan baru tahu kalau kebanyakan duplicate kontent itu ternyata dianggap spam. Itu terjadi karena saya menggunakan kata-kata yang sama persis di semua situs.

Setengah frustasi, tahun 2014 saya iseng membuat beberapa blog gratisan di blogspot. Salah satunya khusus untuk bengkel las saya.

Berawal dari iseng, ketagihan ngeblog deh sampai sekarang. Hasilnya? Sekarang saya tak perlu kemana-mana untuk cari order. Duitpun tetap mengalir. Konsumen yang mencari jasa las pagar kanopi di internet digiring google agar datang ke tempat saya. Bahkan saking banyaknya, sampai nolak order!

Kok bisa begitu om?

Karena bisnis saya tercantum di google maps dan blog bengkel saya juga nangkring di halaman pertama. Jadi kalau ada calon konsumen yang mencari jasa las pasti akan meliriknya dan kemungkinan besar akan nelpon. Beda kalau posisinya di halaman 2 atau 3. Jarang sekali kan ada user yang membuka page berikutnya untuk mencari informasi? Kecuali blogger yang penasaran ada di halaman berapa postingannya hehe...

Padahal “website bisnis” saya sampai sekarang tetap pakai domain gratisan dan jarang diupdate. Tapi dengan sedikit sentuhan SEO dari link yang tertanam di blog blog dummy saya dan kebetulan persaingan keyword bengkel las di kota saya itu tak terlalu berat, maka bisa tetap di page one.

Itu yang saya maksud dengan cara menghasilkan uang secara tidak langsung dari ngeblog. Artinya: memanfaatkan blog untuk mendukung bisnis nyata. Hasilnya lebih mantap ketimbang tergantung pada pendapatan dari adsense

Maaf, postingan ini bukan bermaksud sombong. Hanya ingin berbagi pengalaman saja. Itulah salah satu cara mencari duit dari aktifitas blogging.

Tentunya masing-masing blogger punya cara sendri untuk memonitize blognya. Kondisi tiap individu juga berbeda. Belum tentu trik tadi bisa diterapkan pada semua orang. Cocoknya memang untuk orang yang punya usaha

Kalau untuk pengangguran gimana cara cari uangnya om? Kerja atau buka usaha sambil ngeblog. Malas? Ke laut aja hahaha...

Mungkin itu yang bisa om bagikan. Maaf jika struktur bahasanya berantakan. Maklum om itu termasuk blogger yang jarang mengedit artikel sebelum dipublish. Semoga cara om toni menghasilkan uang dari blog ini bermanfaat. Syukur kalau jadi sumber inspirasi untuk tetap ngeblog sambil membuka bisnis. Bagi keponakan yang ingin info ngeblog sambil kerja bisa baca postingan sebelumnya. Matur nuwun...
Facebook Comments

2 komentar

Sukses saja tuk blognya om salam persahabatan dari blogger ciamis

Balas

Terima kasih. Ini adalah komentar pertama di blog pemula ala Om. Saya doakan semoga Erica belinda sukses juga dalam segala hal.
Salam balik dari blogger Malang

Balas